Sabtu, 19 Oktober 2019

Karakteristik Senyawa Bahan Alam Bagian I

Alkaloid

Senyawa alkaloid ini terdiri dari berbagai macam, yang salah satunya adalah morfin.
Morfin merupakan salah satu obat pereda nyeri yang sangat kuat dan kerjanya langsung ke sistem saraf pusat yang digunakan untuk meredakan bahkan menghilangkan rasa sakit. Sifat analgetik yang diberikan oleh morfin ini berkaitan langsung dengan strukturnya. 
Gambar struktur umum morfin
Dimana ada beberapa karakteristik dari struktur morfin ini yang menyebabkan mempunyai sifat analgetik:
1.      Atom pusat yang dimiliki morfin ini tidak mengikat atom hidrogen
2.      Cincin aromatik yang ada langsung diikat oleh atom pusat
Cincin aromatik yang dimiliki oleh morfin ini memiliki kegunaan yang sangat penting dalam penentu sifat analgesik. Dimana jika suatu senyawa tidak mempunyai suatu cincin aromatik makan tidak akan mempunyai sifat analgesik.
3.      Atom pusat morfin mengikat suatu basa dengan perantara 2 atom karbon.
Berikut penjelasan keterkaitan antara struktur morfin dan pengaruhnya terhadap manfaat.
1.      Gugus hidroksil fenol
Apabila gugus hidroksi fenol pata morfin ini mengalami proses metilasi maka akan membuat sifat atau aktivitas analgesiknya turun drastis.
2.      Gugus hidroksi alkohol
Penghilangan gugus hidroksi alkohol ini tidak akan membuat aktivitas analgesiknya mengalami penurunan bahkan seringkali dapat memberikan efek yang berlawanan.
3.      Ikatan rangkap C7 dan C8
Apabila ikatan rangkap C7 dan C8 ini mengalami proses hidrogenasi, makan akan membuat efek analgesik yang sama dengan morfin atau bahkan bisa lebih tinggi.
4.      Cincin aromatik
Cincin aromatik yang dimiliki oleh morfin ini memiliki kegunaan yang sangat penting dalam penentu sifat analgesik. Dimana jika suatu senyawa tidak mempunyai suatu cincin aromatik makan tidak akan mempunyai sifat analgesik.

Steroid

salah satu contoh steroid adalah hormon testosteron. Dimana dapat dilihat pada gambar tersebut bahwa pada struktur hormon testosteron ini mengandung dua gugus fungsi yang spesifik yaitu gugus fungsi alkohol dan eter. Dimana kedua gugus fungsi ini memberikan efek sifat kelaki-lakian yang dimiliki oleh pria. Jadi apabila kedua gugus ini hilang, itulah yang menyebabkan seorang lelaki sifatnya menjadi kewanita-wanitaan.

Penicylin G


Penicylin ini memiliki struktur seperti gambar diatas yaitu didalam strukturnya mengandung satu intin cincin siklik dan satu rantai samping. Rantai samping yang dimiliki oleh penicylin ini dapat digunakan sebagai menangkal radikal bebas. Dimana inti sikliknya mempunyai dua gugus penting yaitu cincin B-Laktam dan cincin tiazolidin. 
1. Cincin B laktam
Cincin ini mempengaruhi sifat antibiotik dari penicillin. Maka jika gugus ini diganggu, maka sifat antibotik nya akan turun bahkan hilang.
2. Cincin tiazolidin
Sama halnya dengan cincin b laktam, cincin tiazolidin ini juga mempengaruhi sifat antibiotik dari penicillin.

Permasalahan

  1.       Salah satu kegunaan metabolit sekunder adalah sebagai pertahanan diri organisme. Namun, metabolit sekunder ini hanya terdapat pada beberapa jenis tanaman. Bagaimna dengan tanaman yang tidak memiliki metabolit sekunder? Apakah tidak dapat melakukan pertahanan diri?

  2.       Flavonoid dan terpenoid merupakan senyawa bahan alam yang mudah ditemukan pada tumbuhan. Lain halnya dengan alkaloid yang masih jarang dilaporkan ditemukan dalam tumbuhan. Mengapa hal itu dapat terjadi? Mengapa hanya alkaloid yang jarang ditemukan di tumbuhan? Mohon Anda jelaskan!

  3.       Berbeda dengan metabolit primer, metabolit sekunder merupakan proses yang tidak esensial dan tidak berpengaruh terhadap proses pertumbuhan makhluk hidup. Lalu mengapa metabolit sekunder ini masih diproduksi dan dibutuhkan tubuh?


 

3 komentar:

  1. Nama rahma
    Nim A1C117018
    No 3

    Metabolit sekunder ini memang tidak memberikan pengaruh dalam proses pertumbuhan makhluk hidup namun ia memiliki fungsi lain yaitu sebagai nutrisi darurat untuk bertahan hidup.
    Metabolit sekunder banyak bermanfaat bagi manusia dan makhluk hidup lain karena banyak diantaranya bersifat sebagai obat, pigmen, vitamin ataupun hormone serta kebanyakan diantaranya adalah antibiotik.

    BalasHapus
  2. No.2
    Tumbuhan tingkat tinggi merupakan jenis tumbuhan yang sudah jelas perbedaan akar, batang, dan daunnya. Senyawa alkaloid pada suatu tanaman tidak hanya ditemukan pada daun saja, namun juga ditemukan pada akar, batang, dan biji tanaman. Oleh karena itu alkaloid lebih banyak terdapat pada tumbuhan tingkat tinggi.

    BalasHapus
  3. Saya akan menjawab permasalahan pertama, jika tanaman yang tidak memiliki metabolit sekunder maka ia tidak dapat mempertahankan dirinya. Karena seperti yang kita ketahui bahwa metabolit sekunder sangat penting untuk mempertahankan dirinya

    BalasHapus

UAS KIMIA ORGANIK III

2. Struktur morfin 3. terpinolene