Jumat, 23 Agustus 2019

Konformasi Struktur dan Stereokimia Lanjut Persenyawaan Kimia Organik

 
Salah satu ilmu dalam cabang kimia yang mengacu pada pedoman bahwa struktur molekul yang menentukan perilaku kimia disebut juga kimia organik. Struktur molekul itu sendiri dapat dideskripsikan sebagai struktur yang berupa struktur tiga dimensi. Pada pembelajaran kimia organik ini baik pada tingkat dasar ataupun tingkat lanjut, sebaiknya lebih mendalami terkait hubungan antara struktur molekul yang tiga dimensi dengan sifat-sifatnya, baik itu sfat fisik ataupun sifat kimia. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang materi konformasi struktur dan stereokimia lanjut persenyawaan kimia organik.
Konformasi merupakan suatu keadaan dimana terjadi penataan berbeda-beda dalam ruang yang diakibatkan oleh adanya rotasi gugus yang mengelilingi ikatan α. Atom-atom dalam suatu molekul dalam membentuk suatu ruang dengan tatanan tertentu. Penataan ruang inilah yang disebut dengan konformasi.
Stereokimia merupakan pembelajaran mengenai tata letak molekul-molekul yang ada dalam ruang tiga dimensi. Tata letak molekul-molekul ini ditata sedemikian rupa sehingga atom-atom dalam molekul letaknya relatif antara satu dengan yang lainnya.









Konformasi sendiri terbagi menjadi tiga jenis, diantaranya:
1.      Korformasi eklips
Jenis korformasi yang paling tidak stabil merupakan konformasi eklips. Ketidakstabilan konformasi eklips ini dikarenakan posisi spesies yang sejenis berdampingan yang menyebabkan akan sangat besarnya tolakan dari elektron yang dihasilkan.


Contoh senyawa yang memiliki bentuk konformasi eklips adalah senyawa 2,3-dibromo butana.
senyawa 2,3-dibromo butana.

2.      Konformasi Gausch
Jenis konformasi ini dapat dikatakan sebagai jenis konfornasi yang gugus-gugusnya tidak saling berdekatan, melainkan saling berjauhan. Gugus prioritas atau gugus utama pada komformasi gausch ini tidak saling berdekatan melainkan saling berjauhan. Hal ini dikarenakan terjadinya rotasi pada gugus-gugus yang ada di konformasi gausch.
Contohnya adalah pada senyawa 2,3-dibromo butana
2,3-dibromo butana 

3.      Konformasi Steggered
Jenis konformasi ini dapat dikatakan sebagai jenis konformasi yang paling stabil dibandingkan dengan konformasi eklips dan konformasi gausch. Konformasi steggered memilki gugus prioritas atau gugus utama yang saling bersgeredebrangan. Gugus prioritas yang saling bersebrangan menyebabkan kecilnya energi tolakan dari elektron yang dihasilkan. Hal inilah yang menyebabkan konformasi steggered menjadi konformasi yang paling stabil.
Contohnya adalah sebagai berikut:
2,3-dibromo butana

Permasalahan
1.      Jelaskan jenis-jenis konformasi secara ringkas dengan menggunakan bahasa Anda sendiri!
2.    Apa yang menyebabkan konformasi eklips sangat tidak stabil sedangkan konformasi steggered sangat stabil?
3.      Apa yang menyebabkan terjadinya suatu konformasi?

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh,selamat siang yuli. Saya liveya parandika dengan nim A1C117014
    akan menjawab permasalahan yang no.1 Eklips
    Suatu konformasi yang tidak stabil, dikarenakan memiliki jenisnya terletak berdampingan sehingga tolakan elekron yang dihasilkan sangat besar.
    2. Gausch
    Gausch ini memiliki gugus yang saling berjauhan. Ini disebabkan gugusnya Ada yang mengalami rotasi sehingga gugusnya saling berjauhan.
    3. Steggered
    Pada steggered gugusnya saling bersebrangan Dan steggered merupakan konformasi yang palong stabil.
    Terimakasih��

    BalasHapus
  3. Hai yuli
    saya Vinni Sridayanti Nim A1C117030, saya akan mencoba menjawab permasalahan no.2
    saya akan jawab permasahan ini berdasarkan letak gugus prioritasnya atau gugus utamanya. Konformasi eklips menjadi tidak stabil karena letak gugus prioritasnya berdampingan yang menyebabkan besarnya tolakan elektronnya. Sedangkan pada konformasi stegger, Letak gugus prioritasnya berjauhan sehinggan energi tolakannya pun akan semakin kecil. inilah yang menyebabkan konformasi stegger lebih stabil dibandingkan konformasi eklips.
    terimakasih, semoga membantu

    BalasHapus
  4. Halo yuli
    Baiklah saya akan membantu menyelesaikan permasalahan no 3.yang menyebabkan terjadinya konformasi adalah karena adanya suatu regangan ruang pada molekul yang menyebabkan molekul tersebut mencari konformasi yang lebih stabil lagi. Sekian penyelesaian dari saya, terimakasih.

    BalasHapus

UAS KIMIA ORGANIK III

2. Struktur morfin 3. terpinolene